Selasa, 01 Mei 2012



MAKALAH
INFOTAIMENT SEBAGAI INFORMASI DAN HIBURAN BAGI MASYARAKAT
    Mata Kuliah               : Perkembangan Teknolohi Komunikasi
                                Dosen  Pengampu     : Iksander.S.Sos



Disusun oleh  :                    
 Kelompok Buaya Gosip
Ketua:Ferdiana
Anggota: Syahroni
Syamsudin
Ahmad Sunaidi
Evi Afriliani
Murjaan Firmansyah

Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik P.12
 Sungailiat Bangka Belitung





  

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Infotainmen sebagai isi media massa dan salah satu genre jurnalistik, hadir di Indonesia pertama kali sebagai konten majalah dan koran, selanjutnya merambah masuk ke media televisi sejak ditayangkan pada 24 Agustus 1997. Infotainment muncul sebagai program TV yang tidak hanya unik tetapi juga bergengsi
Penggabungan aspek informasi dan hiburan menjadi konsep utamanya. Meskipun tidak harus melulu mengangkat masalah selebritas, acara infotainment di Indonesia didominasi oleh tema selebritas artis maupun orang-orang ternama. Dapat memuaskan rasa haus dahaga keingintahuan tentang artis dan pesohor yang dikagumi masyarakat hingga infotaiment cepat mendapat tempat di hati pemirsa televisi

Infotainmen yang hadir di televisi dengan frekuensi dan rating yang tinggi serta dapat diakses siapapun, tentunya memiliki dampak sosial yang positif dan negatif bagi pemirsanya.





B.Rumusan Masalah
            1.Apa manfaat dampak positif infotaiment bagi masyarakat?



  
BAB II
PEMBAHASAN

Sebenarnya, makna infotainment sendiri yakni sebagai gabungan dari informasi (information) dan hiburan (entertainment).Tentang keberhasilan seorang artis atau memperkenalkan artis pendatang baru beserta seluk beluk kehidupannya merupakan hal yang menghibur masyarakat atau pemirsa agar tek melulu penat karena berkutat dengan aktivitas kegiatanya yang padat .Hal ini bisa dijelaskan dengan mudah. Infotainment berhasil meyakinkan masyarakat bahwa masalah-masalah kehidupan artis seperti diatas sangat wajib dan penting untuk diketahui. Masyarakat yang antusias akan semakin menggemari tayangan infotainment .


Pemberitaan infotainment ini terkait dengan Teori Kultivasi (Cultivation Theory) menurut George Gerbner . Teori ini cenderung sekarang berkembang karena penonton akan banyak terpengaruh oleh tingkah laku dan sisi kehidupan sang artis atau tokoh idola mereka.Termasuk remaja sekarang yang banyak mengikuti cara berbusana artis pujaan mereka termasuk hal hal yang dusukai oleh idola mereka ikut menjadi hal yang akan dilakukan juga oleh mereka.Dan hal itu talk jarang menimbulkan motivasi untuk sukses seperti artis idola mereka tersebut.
Dari keseluruhan informasi mengenai selebritis itu pula, semua tidak luput dari peran media massa dalam menyorot kehidupan mereka yang memiliki muatan sensasi dan privatisasi yang dimiliki selebriti-selebriti tersebut. Media ini dapat disebut juga pekerja infotainment. Wartawan ini bertugas mencari berita para selebritis atau orang-orang terkenal yang berkecimpung di dunia entertainment. Banyak pro dan kontra mengenai infotainment. Masyarakat ada yang menilai bahwa infotainment sangat menarik dan bermanfaat pada saat seseorang merasa bosan dengan rutinitas dan memerlukan informasi yang berisikan tentang apa saja yang berhubungan dengan artis atau tokoh entertainment idola mereka.


Walaupun ada masyarakat memandang bahwa infotaiment tidak bermanfaat tapi tidak semua tayangan infotaiment berbau gossip malah ada yang menginspirasi,mennyentuh hati,memberi tauladan dan contoh yang baik.Seperti halnya seorang Agnes Monica artis belia multitalenta yang kini menjadi idola dan contoh yang baik bagi generasi muda untuk mewujudkan cita cita Go Internasional .Kemudian peristiwa peristiwa yang menyentuh hati saat kita mendapat berita pesohor kita atau artis meninggal dunia yang akan membuat kita mengingat karya karya mereka.Disamping itu Infotaiment diperlukan juga untuk mengetahui bagaimana seorang artis atau pesohor menjalani kehidupannya.Dan dirasa sudah cukup pandai individu yang menjadi penikmat infotaiment dalam menyerap apa yang ditontonnya.

Kenapa kita perlu membela infotainment? Karena infotainment memperkenalkan kita dengan keterbukaan dan fakta social juga . Dia juga memperkenalkan secara sukses liberalisme cara berfikir, dimana lingkungan sosial berhak dan bisa tahu tentang kehidupan orang lain. Jadi kontrol sosial yang bersifat liberal pun mendapatkan tempat dan haknya. Orang-orang bisa tahu misalnya tentang kasus Syeh Pudji yang mengawini anak umur 12 tahun. Di masa lalu infotainment pun berhasil memblow up persoalan pernikahan kembali Aa Gym. Di ruang infotainment itu para penentang penindasan perempuan bisa berbicara secara lebih bebas. Di sana orang-orang bisa tahu bahwa seorang figur penting telah berusaha menyembunyikan kesalahan kesalahan. Dalam hal ini infotaiment telah berjasa dalam hal meruntuhkan mitos-mitos yang ada bahwa seseorang figur penting dan berkuasa adalah benar-benar baik dan bersih dari kesalahan.
Hal ini merupakan suatu proses pembelajaran yang sangat berguna bagi peradaban. untuk memantang kekuasaan yang korup dan menindas. Kekuasaan yang korup dan menindas pun akan berhati-hati kepada rakyat karena tindak-tanduk mereka selalu diamati lekat-lekat oleh para wartawan infotainment dan rakyat. Dalam waktu singkat rakyat bisa tahu kesalahan seorang tokoh yang diagung-agungkan.
Dan infotainment memiliki satu kekuatan yang sangat besar. Infotainment disukai oleh tua dan muda. Infotainment disukai oleh ibu-ibu dan remaja. Kaum ibu-ibu dan remaja selama ini adalah kelompok yang cenderung tidak terlibat dalam politik,. Dalam hal ini infotainment memiliki jasa tak terhingga dalam proses pemberdayaan masyarakat yang kurang informasi.
Infotainment memiliki prestasi yang luarbiasa karena keakuratan penggalian datanya yang terbukti baik selama ini. Fakta-fakta yang digali oleh infotainment demikian dalam dan akurat. Apa yang tidak dibayangkan oleh para pemirsa dan masyarakat bisa digali dengan cepat dengan berbagai cara. Para wartawan infotainment memiliki kegigihan luar biasa untuk menongkrongi rumah sang subyek berita.
Infotainment juga merupakan wahana dimana ekspresi mode dan fashion Kita bisa menyaksikan bahwa di ruang infotainment maka para perempuan bisa mengekspresikan kebebasan berpakaian sesui trend an mode masa kini. Masyarakat akan diajarkan untuk mengikuti perkembangan zaman. Masyarakat bisa tahu bahwa di lingkungan yang lain ada cara berpakaian dan bergaul yang lebih sehat dan modis .
Mari kita bentuk agar masyarakat kita adalah menjadi masyarakat yang terbuka dan melek informasi. Mari kita juangkan agar para penguasa tidak lagi bisa menyembunyikan borok-borok mereka di mata rakyat.




BAB III
 PENUTUP
KESIMPULAN :
Jadi pada dasarnya setiap tayangan di televisi atau di media baik elektronik maupun massa mempunyai efek positif dan negative terhadap penikmatnya.Termasuk infotaiment yang juga banyak menuai pro dan kontra tapi kembali lagi pada individu penikmatnya yang sudah mulai pintar memfilter apa yang dinikmatinya di tayangan infotaiment tersebut.Infotaiment yang menyajikan sisi baik dan buruk kehidupan pesohornya akan membuat kita terutama ibu ibu dan juga remaja puteri untuk melek informasi.Karena memang kaum ibu ataupun remaja puteri tak terlalu banyak yang suka tayangan yang berbau ekonomi,politok dan hal hal yang serius lainnya.Melalui infotaiment sedikit banyak akan membuat mereka ikut menyerap informasi yang berbau politik,ekonomi,sosbud yang dikemas dalam sajian hiburan dan selebritis.Dan pantaslah jika kita menjadikan Infotaiment sebagai sarana informasi dan hiburan bagi masyarakat.So,kenapa kita harus benci infotaiment…Toh semua tergantung perspektif dan cara kita menikmatinya bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar