MAKALAH
INFOTAIMENT SEBAGAI INFORMASI DAN
HIBURAN BAGI MASYARAKAT
Mata Kuliah :
Perkembangan Teknolohi Komunikasi
Dosen Pengampu
: Iksander.S.Sos
Disusun
oleh :
Kelompok Buaya Gosip
Ketua:Ferdiana
Anggota:
Syahroni
Syamsudin
Ahmad
Sunaidi
Evi
Afriliani
Murjaan
Firmansyah
Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu
Politik P.12
Sungailiat Bangka Belitung
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Infotainmen sebagai isi media massa dan
salah satu genre jurnalistik, hadir di Indonesia pertama kali sebagai konten
majalah dan koran, selanjutnya merambah masuk ke media televisi sejak
ditayangkan pada 24 Agustus 1997. Infotainment muncul sebagai program TV yang
tidak hanya unik tetapi juga bergengsi
Penggabungan aspek informasi dan hiburan
menjadi konsep utamanya. Meskipun tidak harus melulu mengangkat masalah
selebritas, acara infotainment di Indonesia didominasi oleh tema selebritas
artis maupun orang-orang ternama. Dapat memuaskan rasa haus dahaga
keingintahuan tentang artis dan pesohor yang dikagumi masyarakat hingga
infotaiment cepat mendapat tempat di hati pemirsa televisi
Infotainmen yang hadir di televisi
dengan frekuensi dan rating yang tinggi serta dapat diakses siapapun, tentunya
memiliki dampak sosial yang positif dan negatif bagi pemirsanya.
1.Apa manfaat dampak positif infotaiment bagi masyarakat?
BAB
II
PEMBAHASAN
Sebenarnya, makna infotainment sendiri
yakni sebagai gabungan dari informasi (information) dan hiburan
(entertainment).Tentang keberhasilan seorang artis atau memperkenalkan artis
pendatang baru beserta seluk beluk kehidupannya merupakan hal yang menghibur
masyarakat atau pemirsa agar tek melulu penat karena berkutat dengan aktivitas
kegiatanya yang padat .Hal ini bisa dijelaskan dengan mudah. Infotainment
berhasil meyakinkan masyarakat bahwa masalah-masalah kehidupan artis seperti
diatas sangat wajib dan penting untuk diketahui. Masyarakat yang antusias akan
semakin menggemari tayangan infotainment .
Pemberitaan infotainment ini terkait
dengan Teori Kultivasi (Cultivation Theory) menurut George Gerbner . Teori ini
cenderung sekarang berkembang karena penonton akan banyak terpengaruh oleh
tingkah laku dan sisi kehidupan sang artis atau tokoh idola mereka.Termasuk
remaja sekarang yang banyak mengikuti cara berbusana artis pujaan mereka
termasuk hal hal yang dusukai oleh idola mereka ikut menjadi hal yang akan
dilakukan juga oleh mereka.Dan hal itu talk jarang menimbulkan motivasi untuk
sukses seperti artis idola mereka tersebut.
Dari keseluruhan informasi mengenai
selebritis itu pula, semua tidak luput dari peran media massa dalam menyorot
kehidupan mereka yang memiliki muatan sensasi dan privatisasi yang dimiliki
selebriti-selebriti tersebut. Media ini dapat disebut juga pekerja
infotainment. Wartawan ini bertugas mencari berita para selebritis atau
orang-orang terkenal yang berkecimpung di dunia entertainment. Banyak pro dan
kontra mengenai infotainment. Masyarakat ada yang menilai bahwa infotainment
sangat menarik dan bermanfaat pada saat seseorang merasa bosan dengan rutinitas
dan memerlukan informasi yang berisikan tentang apa saja yang berhubungan
dengan artis atau tokoh entertainment idola mereka.
Walaupun ada masyarakat memandang bahwa
infotaiment tidak bermanfaat tapi tidak semua tayangan infotaiment berbau
gossip malah ada yang menginspirasi,mennyentuh hati,memberi tauladan dan contoh
yang baik.Seperti halnya seorang Agnes Monica artis belia multitalenta yang
kini menjadi idola dan contoh yang baik bagi generasi muda untuk mewujudkan
cita cita Go Internasional .Kemudian peristiwa peristiwa yang menyentuh hati
saat kita mendapat berita pesohor kita atau artis meninggal dunia yang akan
membuat kita mengingat karya karya mereka.Disamping itu Infotaiment diperlukan
juga untuk mengetahui bagaimana seorang artis atau pesohor menjalani
kehidupannya.Dan dirasa sudah cukup pandai individu yang menjadi penikmat
infotaiment dalam menyerap apa yang ditontonnya.
Kenapa kita perlu membela infotainment?
Karena infotainment memperkenalkan kita dengan keterbukaan dan fakta social
juga . Dia juga memperkenalkan secara sukses liberalisme cara berfikir, dimana
lingkungan sosial berhak dan bisa tahu tentang kehidupan orang lain. Jadi
kontrol sosial yang bersifat liberal pun mendapatkan tempat dan haknya.
Orang-orang bisa tahu misalnya tentang kasus Syeh Pudji yang mengawini anak
umur 12 tahun. Di masa lalu infotainment pun berhasil memblow up persoalan
pernikahan kembali Aa Gym. Di ruang infotainment itu para penentang penindasan
perempuan bisa berbicara secara lebih bebas. Di sana orang-orang bisa tahu
bahwa seorang figur penting telah berusaha menyembunyikan kesalahan kesalahan.
Dalam hal ini infotaiment telah berjasa dalam hal meruntuhkan mitos-mitos yang
ada bahwa seseorang figur penting dan berkuasa adalah benar-benar baik dan
bersih dari kesalahan.
Hal ini merupakan suatu proses pembelajaran
yang sangat berguna bagi peradaban. untuk memantang kekuasaan yang korup dan
menindas. Kekuasaan yang korup dan menindas pun akan berhati-hati kepada rakyat
karena tindak-tanduk mereka selalu diamati lekat-lekat oleh para wartawan
infotainment dan rakyat. Dalam waktu singkat rakyat bisa tahu kesalahan seorang
tokoh yang diagung-agungkan.
Dan infotainment memiliki satu kekuatan
yang sangat besar. Infotainment disukai oleh tua dan muda. Infotainment disukai
oleh ibu-ibu dan remaja. Kaum ibu-ibu dan remaja selama ini adalah kelompok
yang cenderung tidak terlibat dalam politik,. Dalam hal ini infotainment
memiliki jasa tak terhingga dalam proses pemberdayaan masyarakat yang kurang
informasi.
Infotainment memiliki prestasi yang
luarbiasa karena keakuratan penggalian datanya yang terbukti baik selama ini.
Fakta-fakta yang digali oleh infotainment demikian dalam dan akurat. Apa yang
tidak dibayangkan oleh para pemirsa dan masyarakat bisa digali dengan cepat
dengan berbagai cara. Para wartawan infotainment memiliki kegigihan luar biasa untuk
menongkrongi rumah sang subyek berita.
Infotainment juga merupakan wahana
dimana ekspresi mode dan fashion Kita bisa menyaksikan bahwa di ruang
infotainment maka para perempuan bisa mengekspresikan kebebasan berpakaian sesui
trend an mode masa kini. Masyarakat akan diajarkan untuk mengikuti perkembangan
zaman. Masyarakat bisa tahu bahwa di lingkungan yang lain ada cara berpakaian
dan bergaul yang lebih sehat dan modis .
Mari kita bentuk agar masyarakat kita adalah menjadi
masyarakat yang terbuka dan melek informasi. Mari kita juangkan agar para
penguasa tidak lagi bisa menyembunyikan borok-borok mereka di mata rakyat.
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
:
Jadi
pada dasarnya setiap tayangan di televisi atau di media baik elektronik maupun
massa mempunyai efek positif dan negative terhadap penikmatnya.Termasuk
infotaiment yang juga banyak menuai pro dan kontra tapi kembali lagi pada
individu penikmatnya yang sudah mulai pintar memfilter apa yang dinikmatinya di
tayangan infotaiment tersebut.Infotaiment yang menyajikan sisi baik dan buruk
kehidupan pesohornya akan membuat kita terutama ibu ibu dan juga remaja puteri
untuk melek informasi.Karena memang kaum ibu ataupun remaja puteri tak terlalu
banyak yang suka tayangan yang berbau ekonomi,politok dan hal hal yang serius
lainnya.Melalui infotaiment sedikit banyak akan membuat mereka ikut menyerap
informasi yang berbau politik,ekonomi,sosbud yang dikemas dalam sajian hiburan
dan selebritis.Dan pantaslah jika kita menjadikan Infotaiment sebagai sarana
informasi dan hiburan bagi masyarakat.So,kenapa kita harus benci
infotaiment…Toh semua tergantung perspektif dan cara kita menikmatinya bukan?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar